#DaisyTalk : Oh No, I'm a Victim of Plagiarism

Monday, March 7, 2016

Hallo All...

Tadinya pas tanggal  4 Maret malam saya mau posting dadakan. Tapi apadaya badan dan otak saya beneran capek, lelah banget sebenernya. Bisa dibayangkan mata saya udah capek liat komputer seharian di kantor, udah gitu saya harus ngambil jahitan buat dateng ke nikahan sahabat saya hari Minggu tanggal 6 Maret. Fix badan udah gak bisa diajak kompromi, niatnya ngetik, malah ketiduran di meja sampai adzan awal.

ini foto lagi pura-pura keliatan sibuk kerja lol
Isu plagiarisme konten blog bukan isapan jempol semata. Sebenernya udah banyak banget yang ngalamin, dan saya juga sudah aware soal ini. Saya juga udah daftarin ke Copyscape biar blog saya terbebas plagiat, dan aman-aman saja sampai kejadian di salah satu postingan ini di plagiat. Yaaah, saya di PLAGIAT juga sama orang nggak dikenal.  Wooowwww........... 0.0

Saya bakal cerita sedikit kronologisnya :



Jadi pas tanggal 4 Maret pagi, saya buka blog saya di kantor dan seperti biasa ngecek email  pribadi dan ngecek komen yang masuk. Jujur saya seneng dan excited banget kalau ada komen masuk di blog, asal bukan spam loh. Itu jadi moodbooster saya tiap hari, biar semangat nulis blog ^^.

Nah, karena komen saya dimoderasi, jadi saya bisa milah-milah komen yang masuk ke blog dong pastinya. Saya pun dikejutkan sama komen yang satu ini. Di komennya dia bilang izin mau share. Saya masih postif thinking kalau bilang izin untuk share, dan nggak ngeh ada yang aneh. Saya pun coba klik link yang dia kasih, dan Oh My God, look at here.....



Speechless, kan tetiba udah di share gitu aja (o.o). Pas liat fotonya, saya udah mulai kesel sih, kok foto saya di crop dan watermark nya di ilangin gitu. Udah gitu ada watermark baru gitu, oh my pengen cubit deh :(.  Nggak cuma sampai disitu saya juga lanjutin baca post nya, dan wassalam itu konten nya sama plek sama apa yang saya tulis. Beberapa kalimat yang di bold sama underline aja yang diganti. Ish...ish..ish..., segitunya dong copy paste nya, parrrraaah men  :(.

yang ditandain merah itu yang si penulisnya ganti




Respon pertama saya pas udah liat semuanya, kaget, kesel, pengen marah, dan bingung........ pokoknya udah kaya panda bengong deh.
look the watermark, ngeselin kan! rrrr

ini yang ori
" Bayangkan.... Rasakan..... Bila kelak kau yang jadi diriku...."- Maudy Ayunda #nyanyi
Nah gitu rasanyalah. Memang nggak sesakit broken heart sih, tapi ya campur aduk gitu. Lebih simplenya, kayak udah punya konsep buat Tugas Akhir, udah dikerjain bab 1 dan kita telat dikit ngajuin ke dosen pembimbing. Dan gak lama konsep nya udah keburu di adopt sama temen dan hampir semuanya sama plek. Yah gitulah rasanya, kuciwa gimana kumaha. Walaupun blog itu masih jauh lebih mending dibanding TA yang harus ngulang lagi dari awal. Ya, ya, ya, itulah dunia kuliah, nggak semanis dan segampang kayak di ftv yang senang mulu, haha #nostalgiaduniakampus.

Jangan bahas tugas akhir yaah, itu masih sebelum seberapa dibanding kerja di dunia riset yang mana galaunya tugas akhir itu udah jadi makanan sehari-hari #curcol.

Fokus ah. Besoknya saya udah liat di komen blog kalau Hani dari Hai Hanitis , bilang ke saya buat report as spam dan ngaduin ini ke google webmaster. Makasih yah Neng Hani, udah ngebantuin saya biar dapet pencerahan soal ini ^^. Makasih juga buat yang lain yang aware juga soalnya plagiat ini.


Saya mau sedikit opini aja sih, boleh ya? Kalau ada yang mau nambahin point nya, boleh banget tulis di komen ^^. Ini point nya :

1. Saya nggak faham banget apa maksudnya share tapi copas, dan minta izin segala. I think you really dumb**s, maling tapi pengumuman dulu jadi orang bener -__-.

2. Terus korbannya bukan saya aja dong, setelah saya kepoin, ada banyak beauty blogger lain. Sebelumnya saya nggak bisa bantu nyebutin siapa aja yang dicolong kontennya sama ini blog, karena itu tadi fotonya di crop dan watermarknya diganti.  Silahkan liat-liat aja ya, barangkali salah satu yang baca post ini juga kena juga. 

3. Saya juga ngerasa janggal, kenapa yang nulis namanya afgan19 bukan anggisugianto seperti nama blognya. Apa blogger ini pakai jasa pihak ketiga buat curi konten?? Kalau iya, gaya bener yaa, karena pasti berbayar -__-. Apa dibayar pakai cinta gitu buat bikin blog kaya gini ? Hello, aku aja yang free single bikin blognya sendiri loh, nggak minta tolong pakai cinta *rotfl*.

4. Sepertinya soal trik gini untuk naikin pageviews si blog yang bersangkutan dan lebih buat blognya SEO friendly. Kalau blog udah seo friendly, bakal gampang dikenal, dan cepet famous juga. Pokoknya pengen instant banget lah terkenalnya, padahal nulis blog yang beneran itu nggak gampang. Butuh effort, passion and patience luar biasa kalau mau sampai terkenal.

Nah, buat yang ngerasa udah copas tulisan saya, boleh nggak saya sedikit kasih masukan. Soalnya saya masih ngerasa belum pantes nasihatin, belum jadi mamah muda anak satu. Ini masukan saya buat anda ya (semoga anda baca tulisan saya)  :

1. Be original, biasakan original, soalnya original itu penting. Original jadi diri sendiri, jangan jadi orang lain lewat copy paste artikel orang lain. Sepinter-pinternya copas, someday bakal ketahuan.

2. Belajar menghargai orang lain dengan cara tidak copy paste. Udah gede adek-adek SD jaman sekarang aja udah biasa jujur gak nyontek, belajar dewasa yah ^^.

3. Coba deh nulis 1  blogpost yang bener - bener ya. Mulai dari beli barang yang mau di review, mikirin konsep post nya, coba photoshoot produk, photo editing, watermark foto, sampai nulis blognya langsung di blog. Asyik loh, cape juga puas.

4. Yang ini opsional yah, dicobain boleh kalau nggak juga.... saya sedih :(.  Terus udah gitu, coba minta blog lain buat copy paste tulisan kamu, dan crop atau timpa foto yang udah kamu watermark hehe. Biar tahu aja sih rasanya di plagiat gimana lol :p.     

Udah ah, kasian yang baca post saya sepanjang ini cuma buat nulis begini aja. Saya beneran berterima kasih atas kejadian gini. Seenggaknya, saya jadi tahu google webmasters dan ngeh soal SEO dan keamanan blog dan segala perintilannya. Dan satu lagi saya juga bersyukur, walaupun blog saya masih di level beginner banget dan nggak seberapa, tapi ada juga yang masih mau copy paste seniat ini :D.  Saya anggep kamu, hardcore fans ya mulai sekarang, seriusan mau saya galakin dan judesin banget-banget lah, hihihi *evilgrin*.
Mulai sekarang jadi blogger  kudu hati-hati ah sama masalah beginian. Jangan tinggal diam deh, harus ada tindakan. nanti kebiasaan. Kalau udah jadi kebiasaan, nanti blogger-blogger di Indonesia yang lain bakal sulit dihargain HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) nya. Dan jangan lupa kata Mbak Sekararum dari Racun Warnwarni.... --> yang tabah ya dear, orang kece mah banyak cobaannya :").

See you in next post everyones ^^. Have a nice day :)

Thank You For Reading
Salam and much love,

All right reserved.
Do not copy paste without allowance
Or any permission from authors.


20 comments

  1. Ya ampuuun, Desty! Ini epic banget!

    Aku pikir masalah copas mencopas ini udah adem dikit (inget waktu itu blog siapa ya yang dibajak habis) dan aku pun bikin postingan tentang masalah plagiarisme jg. I still couldn't believe there is someone who wants to stoop so low.... *pukpuk Desty*

    Aku bantu report yaak.... c

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak epic banget, isu lama yang mencuat lagi hiks :(
      Iya kak, waktu itu akupun baca di blog kak tia tentang beberapa blogger yg blognya di ambil orang sampe nggak bisa log ini lagi :(
      Makasi kak sudah bantu lapor juga, aku juga amat sangat terbantu sama post yg save postingan ke emailnya ^^

      Delete
  2. Replies
    1. lapor dhel, udah gitu cubit bareng2 biar kapok lol ;)

      Delete
  3. Desty, mending link blog tsb di artikel ini dihapus. Biar ngga ngasih backlink ke dia. Lagipula kamu juga udh cantumin screenshotnya, imho.

    Aku kaget pas blogwalking hari itu kok banyak yg kena. Aku juga gedeg karena blogku pernah kena auto generated content. Artikel blogku dari 2011-2014 disedot (literally, via rss feed) ke blog lain. Speechless parah T.T Setelah browsing2, emang blog kayak gitu biasanya bakal dikomersilin (dijual setelah dapet traffic bagus atau dipasangin iklan).

    Waktu itu aku lapor sana-sini, ke Google webmaster (report blog spam) dan Google DMCA (hak cipta). Sempet ditolak sama Google DMCA, krn saat itu aku gapunya bukti kepemilikan artikelku meski jelas-jelas watermarknya alamat blogku (waktu itu belum tau DMCA). Akhirnya blog itu hilang dengan sendirinya. Maaf jadi curcol T.T

    Sulit emg melindungi artikel dari copy paste. Eniwei, coba log in ke Google Feed Burner. Lengkapnya bisa googling cara batasin rss feed dengan feed burner. Jangan lupa rutin download backup konten blog kita. Semangat Desty ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya yah,lupa deh.. kalau ngasih link sama dengan naikin pageviews nya -__-
      Jahat banget kalau udah kaya gitu dijual pula :(
      Hani yg udah ngerti aja masih di tolak DMCA nya? apalagi aku han, aku kudet banget soal beginian :(
      Oke hani aku coba google feed burner nya ya.
      Kalau soal backup konten aku, udah rutin ngeback up konten blog ini via email, waktu itu aku lihat di blognya kak Tya (www.talkativetya.com)

      Delete
  4. Desty, mending link blog tsb di artikel ini dihapus. Biar ngga ngasih backlink ke dia. Lagipula kamu juga udh cantumin screenshotnya, imho.

    Aku kaget pas blogwalking hari itu kok banyak yg kena. Aku juga gedeg karena blogku pernah kena auto generated content. Artikel blogku dari 2011-2014 disedot (literally, via rss feed) ke blog lain. Speechless parah T.T Setelah browsing2, emang blog kayak gitu biasanya bakal dikomersilin (dijual setelah dapet traffic bagus atau dipasangin iklan).

    Waktu itu aku lapor sana-sini, ke Google webmaster (report blog spam) dan Google DMCA (hak cipta). Sempet ditolak sama Google DMCA, krn saat itu aku gapunya bukti kepemilikan artikelku meski jelas-jelas watermarknya alamat blogku (waktu itu belum tau DMCA). Akhirnya blog itu hilang dengan sendirinya. Maaf jadi curcol T.T

    Sulit emg melindungi artikel dari copy paste. Eniwei, coba log in ke Google Feed Burner. Lengkapnya bisa googling cara batasin rss feed dengan feed burner. Jangan lupa rutin download backup konten blog kita. Semangat Desty ^^

    ReplyDelete
  5. Halo Kak Desty!
    Kenalin aku Ita dari Jakarta, masih mahasiswa yang lelah hayati sama tugas akhir.

    Huhuhuhu Kak pasti bete banget ya di copas begitu artikelnya. Mana yang copas juga kayaknya udah terbiasa copas, alias copas adalah kerjaannya, ih dasar iiih. Mungkin selanjutnya Kak Desty bisa menulis tentang bagaimana blogger menghindari plagiarisme. Soalnya aku baca tulisan ini aja jadi 'melek' copyspace dan mulai mikirin bagaimana caranya melindungi tulisan pribadi.

    Cheer up Kak Desty :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Itaa, salam kenal ^^
      Semangat ya Ita buat tugas akhirnya, jangan lelah hayati yaa, badai TA pasti berlalu kok ;)
      Aku doain biar lancar, cepet wisuda dan cepet kerja yaa, aamiin..

      Iya bete banget, soalnya aku blogger yg ga seberapa masih kena copas juga hiks :(
      Eh ide bagus juga itu, aku catet dulu yah biar di konsepin dulu mulai dari mana :)
      Makasih ita, aku terharu banget baca komennya ^^

      Delete
  6. Jahat banget yang nyolong :(
    Aku kzl banget deh kalau ada yang copas-copas begini. Ngeselin yah. Dicuri foto doang aja aku udah kesel setengah mati, apalagi kalau satu post begini.

    Ngomong-ngomong, akun maling itu sering komen di blogku. Cuma selalu aku masukin spam dari awal soale dia selalu komen pakai link hidup dan komennya nggak nyambung sama post. Cuma salam kenal-salam kenal terus berkali-kali ^^.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaa mba arum mampir kemari :D
      Iya mba, kesel poll banget dah mba makanya sampai niat bikin post gini dan lapor sana sini
      Jatohnya emang nyepam kalau itu, tapi kali ini aku yg apes banget berarti, ditipu pura2 share dan minta izin -__-

      Delete
  7. ya ampun.. turut berduka cita ya (^-^)/(;_;)
    I feel you dear..
    sisi positifnya berarti tulisan kamu bagus, sampai ada orang yang pengen niru dan jadi tahu juga cara lapor blog yang copas
    semangat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hana terima kasih sudah mampir ^^
      Terima kasih juga buat supportnya :)
      Alhamdulilah kalau ada yg nilai gitu, seenggaknya nulis blog ada sedikit manfaatnya ^^

      Delete
  8. Plagiatornya udah pakai domain.com pula.
    Oh ya, salam kenal juga sebelumnya :)

    Semangat ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Elriyashi, salam kenal juga ^^

      Iya lebih gaya plagiator, lebih keliatan bermodal sebenernya -__-

      Delete
  9. Ih kzl banget pastinya mbak :(
    aku juga pernah ngalamin, tapi bukan blog sih. status facebook. statusku dicopas trus tambahin emot. langsung deh aku tegur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget lah kzlnya Audi,
      coba kalau blog kaya fb bisa negor langsung dan ada feedbacknya.
      Masalahnya ini yg copy ga jelas, dari antah berantah sepertinya hikss

      Delete
  10. Hai, Desty... Baca tulisanmu ini bikin saya gregetan. Saya juga pernah jadi korban auto-generate blog, bahkan sampai satu blog plus alamatnya dicuri orang yg cuma mau cari keuntungan pribadi...

    Semoga yg kayak gini gak terulang lagi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Momzhak
      Aku dulu suka mampir ke blog cantiknya Qonita punya kakak, sering baca jadi silent reader dan pas tahu blog kaka di ambil alih orang dari blognya mba arum, miris kak.
      Iya kak, semoga nggak kejadian hal-hal pencurian kaya gini lagi kak, entah cuma konten sampai auto generate nya kak.
      Sukses juga ya kak blog barunya, aku mau sering mampir aah kak hehe ^^

      Delete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.