Review: Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser

Sunday, July 31, 2016


“I’m using brand A as makeup primer for help makeup last longer…” Itu kata-kata yang sering banget saya denger pas nonton beauty guru di Youtube sejak tahun 2014. Hampir semua channel youtuber yang saya tonton semuanya pakai face primer sebelum makeup, entah drugstore atau highend.  Saya saat itu yang masih awam banget soal makeup cuma bisa tebak-tebak buah manggis primer itu apaan sih, hehe.

Seiring waktu, sering blogwalking, nonton youtube, saya akhirnya mengerti primer itu apa. Primer itu base atau dasar setelah skincare dan step awal sebelum foundation, yang fungsinya supaya makeup di wajah kita bisa tahan lebih lama. Sekarang primer banyak jenisnya, bisa correcting uneven skintone, smoothing pores, hydrating, dan sebagainya. Berhubung kulit saya normal to oily skin dan punya pori-pori yang besar, tentunya saya memilih tipe primer yang smoothing pores.

Pilihan saya sendiri jatuh ke drugstore product, yakni Maybelline Baby Skin. Belinya preorder barengan concealer Maybelline Fit Me! Concealer shade Light yang saat itu sedang diskonan ^^. Jadi aji mumpung ajalah saya nyobain si Baby Skin ini, kan kalau gak cocok pun bisa saya jual lagi aja dan gak nyesek amat sama harga pas belinya :).

[ Baca juga : Maybelline Fit Me! Concealer shade Light  ]



Maybelline Baby Skin Pore Eraser ini termasuk primer yang fungsinya smoothing pores. Sebenernya varian Baby Skin primer ini ada 2 jenis primer yang pore eraser (kemasan biru) dan yang hydrating (kemasan pink). Tapi si Maybelline Baby skin Pore Eraser inilah yang jauh lebih beken dan mendunia dibanding si tube pink. Si baby skin biru ini disebut-sebut formulanya mirip primer smashbox dan benefit porefessional yang keduanya harganya gak murah.




Buat saya bentuk kemasannya ini gak terlalu fancy. Tapi font si baby skin ini sepertinya cukup iconic, soalnya saya ngerasa familiar aja dari pas pertama lihat. Dan yang lucunya, di belakang ada keterangan kalau ini bukan untuk bayi XD. Karena tipe ulir dan squeeze, saya nggak ngerasa kesulitan kok pakai produknya. All is well, semua terkendali gak ada yang tumpah dramatis gitu.


Karena ini primer tipe smoothing pores, pasti ada dimethicone nya. Fungsi dimethicone disini sebenernya untuk mengisi pori-pori dan menyamarkan pori yang besar. Hanya saja gak semua jenis kulit bisa cocok dengan ini, terutama yang acne prone skin, karena dimethicone/silicon ini bisa memicu jerawatan dan pore clogging. So, yang punya kulit acne prone skin sebaiknya take it consider before try. Saya sendiri aja butuh nyali agak gede juga buat coba primer ini, walaupun kulit saya nggak terlalu acne prone.

Primer baby skin ini bentuknya gel bening. Dibayangan saya gel ini bakal licin-licin seger gitu, ada tingling sensation, dan wangi bedak bayi. Ternyata saya salah besar dong, gel nya tetep bening, tapi teksturnya kaya balsam yang nggak sticky. Gak ada sensasi aneh-aneh dan gak wangi bedak bayi. Semuanya flat, nggak seperti imajinasi otak saya (berarti saya kemakan kata baby skin nya kali yah) haha. Tapi untuk unscentednya bagus sih, jadi aman buat kulit sensitive yang takut alergi.



Untuk cara pemakaiannya saya gak pakai all over my face, cuma di spot tertentu di muka yang pori-porinya gede bingits. Kaya di bagian T-zone terutama hidung, dan pipi bagian dalam. Cara pakainya pun nggak dioles gitu aja, tapi dipijat lembut supaya meresap ke pori. Saya lupa lagi tips itu dapet dari mana, tapi katanya cara pakainya harus gitu. Lalu setelah rata kita bisa taruh foundation atau bb cream diatasnya.

Saya swatch di tangan sama di pipi ya. Untuk di pipi actaully nggak terlalu kelihatan banget sebelum sesudahnya T_T, lebih jelas ditangan.


sorry for bad lighting ini foto nya malem dan belum punya ring light
Yang saya rasakan efek dari Maybelline Baby Skin kulit langsung matte, dan pori-pori muka memang kelihatan sedikit ‘mengecil’. Tapi nggak mengecil yang langsung smooth kaya ga ada pori-porinya, cuma lebih slim aja gitu. Pastinya ini bikin muka lebih smooth saat pakai foundation / bb cream, lebih enak teksturnya dibanding nggak pakai primer.  Karena hidung saya minyak nya ganas, saat pakai primer sebelum concealer, bagian hidung nggak gampang creasing. Hasilnya concealer jauh lebih tahan lama buat lumer. 

Ketahanan si primernya sendiri sebenernya tergantung base muka lainnya juga. Soalnya saya nggak pernah pakai ini sendiri, pasti pakai foundation atau bb cream. Yang saya rasakan bisa tahan sampai 6 jam dengan jumlah minyak dimuka sedikit aja sih. Jadi ini cukup longlasting, karena dibawa ke undangan pun concealer saya di hidung nggak creasing. Karena biasanya bagian hidung saya ini minyakannya suka lebih menggila dibanding bagian lain.

“Des, ini bikin breakout nggak karena dimethicone based? Kalau nggak breakout, berarti cocok dong?”

Hmm… saya bingung jawab pertanyaan model gini. Kulit saya sebenernya bukan yang acne prone skin yang parah gitu. Skincare yang cocok saya pakai pun rata-rata ada dimethicone nya, dan itu fine – fine aja dipakai tiap hari. Pas pemakaian pertama kulit saya biasa aja. Tapi pas pemakaian kedua, tiba-tiba ada jerawat gede banget di dagu kaya jerawat hormonal pas lagi period yang kalau di biarin atau di pencet isinya air, gak bernanah T.T. Saya akui sih pas kejadian, saya agak banyak pakainya didagu makanya pas ngalamin gitu nggak terlalu kaget banget. Untungnya, pas beberapa hari pakai obat jerawat dan di gak dipikirin, akhirnya kempes dan hilang gitu aja :D. Nggak mikirin jerawatnya pas jerawatan itu adalah obat ampuh saya buat membantu penyembuhan loh, selain tetep pakai obat :).

Jadi dari situ saya pakainya bener-bener secukupnya aja, jangan sampe kebanyakan, takutnya kulit saya keracunan silicon lagi. Dan sampai detik ini pun alhamdulilah kulit saya masih baik-baik aja sama primer yang satu ini :).


Overall, primer Maybelline Baby Skin ini nggak mengecewakan dan masih cocok aja asal gak kelebihan pakainya. Harganya sendiri cukup affordable buat isinya sekitar 20 ml, sekitar IDR 100-120rb yang ready stock. Tapi kalau mau lebih #ngirit silahkan ikut preorder pas website diluar pada ngadain diskonan, karena lumayan saya juga dapet IDR 80rb aja kok, asal mau sabar kaya sabar nungguin jodoh *eh :D. Karena udah punya ini, saya jadi kepengen primer NYX Angel Veil juga, gak tahu kenapa deh haha.

Plus :

 + Works well on my skin and hold my makeup longer
+  Make my concelaer uncreasing on my nose 
+ Not sticky and give powdery finish 
+ Making easy when blend bb cream / foundation
+ Unscented

Minus : 

- Love - hate effect, if i'm using too much its make one bump on chin



Thank You For Reading
Salam and much love,

All right reserved.
Do not copy paste without allowance 
Or any permission from authors.

2 comments

  1. Halo, boleh tau beli di web atau akun IG apa ya? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ikut po di marketplaza nya femaledaily firda di sellerny mooi ^^. Kalau mau beli di seller yang sama, bisa coba di ig orderatmooi yaa.
      Selamat coba po ^^

      Delete

Terima kasih banyak sudah mampir dan comment ya :)
Jangan spam dan link hidup diantara kita ya, karena bakal aku hapus.